09/05/2015

Pengertian Modem, Cara Kerja Modem, Fungsi Modem Secara Umum

Modem sierra 305

Pengertian Modem

 

Modem merupakan singkatan dari "Modulator Demodulator"

Modulator adalah sebuah rangkaian yang berfungsi untuk melakukan proses modulasi, yaitu sebuah proses “menumpangkan” data pada frekuensi atau  gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi atau pesan agar bisa dikirimkan ke penerima melalui perantara tertentu, seperti media kabel atau udara.Biasanya bewujud gelombang sinus, gelombang sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi.Data dari komputer yang tadinya berbentuk sinyal digital akan dirubah menjadi sinyal Analog.

Demodulator adalah fungsi kebalikan dari modulator (demodulasi), yaitu proses untuk mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam proses demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi.

Data yang dikirm berbentuk sinyal Analog diberubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa terbaca di komputer penerima. Dan Modem merupakan salah satu penggabungan dari kedua sistem tersebut, sehingga modem merupakan alat komunikasi dua arah.

Jadi, Pengertian Modem yaitu sebuah perangkat keras yang berguna sebagai alat komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan data/pesan ke alamat yang dituju. Modem juga bisa diartikan sebagai media perantara supaya komputer dapat terhubung ke jaringan internet.

Cara Kerja Modem


Dalam penggunaannya, modem bertugas merubah data dalam bentuk analog dan digital. Saat komputer sedang disambung ke kabel telepon untuk kemudian digunakan berinternet, jika komputer kita akan mengupload atau mengirim data, maka informasi atau data dari komputer dalam bentuk digital akan diubah oleh modem menjadi bentuk analog untuk dikirim melalui kabel telepon atau media lainnya. Saat data atau informasi analog tadi sampai ke komputer tujuan, maka modem yang tadinya ada pada komputer tujuan akan mengubah kembali bentuk data tersebut (analog) menjadi bentuk digital sehingga bisa diproses oleh komputer tujuan tadi.

Begitu pula saat kita men-download data atau file, data tersebut merupakan data analog saat berada pada kabel telepon, namun saat proses masuk ke komputer kita, modem akan seketika itu juga mengubahnya menjadi bentuk digital agar bisa ditampilkan. Hal inilah yang memungkinkan perangkat komputer di internet di berbagai belahan dunia bisa berinteraksi satu sama lain.

Fungsi Modem


Fungsi Modem adalah merubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Frekuensi sinyal digital yang dikirimkan dari komputer diubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem dan ditransmisi melalui kabel telepon untuk dihantarkan ke komputer lainnya dan sebaliknya.

Saat ini modem juga telah mengembangkan teknologi dengan menambah fasilitas voice modem yang dapat berfungsi sebagai saluran radio, percakapan melalui telepon maupun audio lainnya.

Untuk meminimalisir dari tingkat kesalahan yang terjadi ketika melakukan transmisi sinyal, modem juga akan melakukan pemeriksaan informasi yang diterima apakah rusak atau tidak dengan metode checksum jika terjadi kerusakan maka data tersebut akan dikirim kembali ke tempat asal.

1 komentar

Anonymous delete 09:45

yg mana nya benar pengertiannya ini?
kok bikin bingung sih


EmoticonEmoticon