10/04/2015

5 Perbedaan Windows dan Mac untuk Anda Yang Bingung Memilih

PC Windows atau Mac
PC windows dan Mac adalah dua platform yang bersaing sangat  ketat dipasar komputerisasi. Windows telah menjadi yang paling banyak dipilih untuk menjadi pilihan utama para konsumen.

Itu juga yang membuat developer banyak mengembangkan software pihak ketiga untuk mendukung pc windows tetapi tidak hanya mengembangkan softwarenya di PC, developer juga banyak mengembangkan software berplatform MAC os untuk Apple.

Dengan perbedaan yang tipis diantara kedua produk diatas, konsumen mungkin kebingungan memutuskan pilih yang mana.. PC atau Mac ?
Oleh karena itu untuk membantu pilihan mana yang tepat untuk anda berikut adalah perbedaan windows dan mac yang harus anda cermati .

Perbedaan Windows dan Mac

 

1. keindahan dan Software


Keindahan :
 
Salah satu yang hal yang tidak bisa dipungkiri adalah produk Mac selalu memanjakan mata dengan desain dan style yang sangat premium yang tampak indah oleh mata konsumen. Karena pihak dari Apple memang sangat mempedulikan keindahan dari tampilan komputer produk Mac, baik seri iMac, Power Mac, maupun laptop MacBook. Sementara itu, tampilan milik PC bergantung pada pihak produsen, tampilan antar merek bisa berbeda! meskipun begitu, ada pula  PC yang sedap untuk dipandang karena keindahannya, misalnya produk Ultrabook terbaru buatan Dell.

Software :

Jumlah software /aplikasi yang dimiliki Windows lebih banyak dibandingkan Mac. Salah satunya  adalah banyaknya vendor atau developer game sebagai contoh Microsoft Office for Windows yang memiliki fitur dan fungsionalitas lebih banyak dibandingkan versi yang dimiliki oleh Mac.

2. Harga dan modifikasi

 

Harga :

Dengan spesifikasi yang hampir sama jika Mac di bandingkan dengan PC harga Mac jauh cenderung lebih mahal, sebagai contoh MacBook Pro with Retina Display yang sangat mahal produk ini dipatok mulai 2200 dollar AS atau sekitar Rp 21 juta.

Modifikasi :

Selain banyaknya game dan software yang kompatibel dengan PC windows. PC juga mudah untuk dimodifikasi sehingga apabila perlu upgrade hardware tidak harus beli seperangkat mac yang tidak bisa dibongkar begitu saja.

3. User interface/penampilan antarmuka

 

Pengguna PC yang beralih ke Mac untuk awal mulanya mungkin akan kebingungan dengan antarmuka Mac OS yang berbeda dengan sistem windows, Itu hanya sementara karena setelah menggunakannya untuk beberapa waktu lama, akan terasa bahwa cara kerja Mac OS mirip dengan WIndows.

Tombol "Start" Windows, misalnya, sedikit banyak bisa diwakili oleh icon "Finder" pada Mac OS yang akan menampilkan semua program, dokumen, dan file lainnya yang ada di komputer Mac.
Mac OS mempunyai kelebihan dalam hal bundel software, di mana sistem operasi ini datang dengan berbagai macam aplikasi berguna seperti iPhoto, Mail, Garage Band, iMovie, dan banyak lagi.

4. Malware dan Security

 

Mac cenderung lebih aman dari ancaman malware dbanding dengan PC, hanya sedikit pengguna yang memakai komputer Mac. Karena produk ini masih relatif lebih aman dibanding Windows yang banyak dipakai orang.

PC Windows seringkali menjadi bahan percobaan, korban dari hacker dan mutlak harus menggunakan anti virus semacam avast, mse dll. Meskipun begitu, perlu digaris bawahi bahwa komputer Mac pun tak kebal terhadap ancaman cyber, seperti yang telah diketahui ancaman virus Mac yang muncul belakangan ini, misalnya "LuckyCat". Apple pun telah mencabut slogan "bebas virus" untuk komputer Mac.

5. Hardware / Sparepart

 

Pilihan hardware PC lebih banyak daripada mac OS itu artinya lebih mudah dalam hal servis dimana bila terjadi kerusakan hardware mudah diperoleh. Sebaliknya, komponen Mac lebih susah di dapat karena hanya dibuat oleh Apple sehingga membatasi pilihan pengguna platform ini.

6. Ingin jalan tengah? 

 

Anda bisa menggabungkan keduanya, komputer Mac bisa berjalan bersandingan dengan sistem operasi Windows. Baik  itu melalui virtual machine ataupun secara langsung dari dalam sistem.

Setiap Mac os ini memiliki sebuah program Boot Camp yang memungkinkan pengguna memasang Windows pada komputer Mac. Jika diinginkan, pengguna bisa membagi ruang hard disk yang diperuntukkan bagi Windows dan Mac OS X untuk dipasang di satu komputer.

23 komentar

kalok ane sih mnding pc gan :D

Saya sih mending pilih PC soalnya harga mac yang enggak sesuai dengan kantong pelajar :D

Anonymous delete 21:12

kalok saya ya pilih PC :)

pilih pc om, kalau mac nggak kuat beli

Klo ane milih mac gan karena udah terbiasa pkek mac...hehe

gw pilih iMac gan... :D

windows donk :3

PC Windows ajah harga murah dan bersahabat :v kalau bsa PC LINUX gan gratis lagi OS NYA :)

kalo ane pilih PC

saya mau kelebihan dari mac ke windows hahahahahahha

ane pilih PC.. btw thanks udah share :)

mendingan Mac nya kata saya sih bro:D

pasti nya yang PC dong XD

terima kasih infonya mas, saya jadi dapat ilmu baru tentang windows

mending pc gan.. untuk kebutuhan game soalnya.. kalo Mac biasanya untuk ngedit2.. ane jarang ngedit.. mentok2 paling ngedit poto..

Dari keduanya yang menjadi kendala adalah "harganya".

masing masing memiliki keindahan dan fitur yang berbeda ya

kalo ane PC soalnya Mac belom pernah make

Kalau saya lebih memilih setia dengan pc windows :) karena dari awal kenal yah sama dia, cinta pertama ><

Nice Info Thx ,-

pc aja .mac anjing gitu. Mac Mahal tapi prosesor lebih baik pc. Prosesor gk beda jauh ama pc. Pilih pc saya

Kalo beli macbook retina, sama dengan rakit pc high end bro, udh core i5 6600k 3,2 ghz, ram 8gb 2666mhz, ssd 120gb 600w/560r hahaha xD


EmoticonEmoticon